Mahasiswa KKN Unand Melakukan Sosialisasi dan Demonstrasi Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga dan Pembagian Bibit kepada Anggota PKK Desa Koto Marapak

  • Aug 18, 2023
  • adm-komara

Jum’at 4 Agustus 2023, di Kantor Desa Koto Marapak, Mahasiswa KKN Unand Bidang Pengembangan Nagari dan IPTEK memberikan sosialisasi dan demonstrasi kepada ibu-ibu PKK terkait pemanfaatan Limbah Rumah Tangga seperti minyak jelantah menjadi sabun dan lilin serta air cucian beras sebagai pupuk organik cair untuk tanaman. Selain itu juga dilakukan pemberian benih dan bibit dalam rangka menjaga ketahanan pangan desa.

 

Demonstrasi pembuatan sabun dan lilin dari minyak jelantah merupakan acara pertama yang dilakukan. Bahan-bahan yang digunakan adalah minyak jelantah, soda api, arang, dan pewangi.

“ Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sabun dapat digunakan setelah pembuatan?” Tanya salah seorang ibu PKK. Sabun dari minyak jelantah ini dapat digunakan secara aman setelah 3-4 hari setelah proses pembuatan.

Acara kedua yaitu sosialisasi dan demonstrasi pembutan POC ( Pupuk Organik cair ) berbahan dasar air cucian beras, EM4 dan gula merah. Manfaat dari POC ini adalah meningkatkan kesuburan tanaman dan merangsang pertumbuhan pucuk daun.

 

Acara terakhir ditutup dengan pembagian benih dan bibit yang terdiri dari selada air, bayam, kangkung, seledri, terong, dan cabe, yang didahului dengan penyampaian materi tentang cara penanaman tanaman mulai dari penyemaian sampai bibit siap dipindahkan. Sebelum dilakukan pembagian kepada seluruh anggota PKK yang hadir, terlebih dahulu dilakukan pemberian secara simbolis kepada salah seorang ibu PKK.